Cara Bertutur dan Kampung Asli Hutagalung

Written By Hutagalung Cyber on Rabu, 01 Juli 2009 | 13.07

A. CARA BERTUTUR

Jika Ingin bertutur sapa terhadap sesama Hutagalung terlebih dahulu sdr/i ikuti yg di bawah ini:

1. Hutagalung keturunan nomor (generasi keturunan yang berapa);

2. Hutagalung keturunan siapa? Semisal Inaina atau Miralopak.

3. Terus bia ditanya Hutagalung Inaina mana? Jawab: Raja inum/Datu sorga/Sibulung motung/Partombus. atau Hutagalung Miralopak mana? Jawab: Datu Harean/Tuan Napitu.

4. Selanjutnya kita carilah kedekatan marga kita, tapi ingat untuk menentukan sebutan atau panggilan kepada sesama marga/boru kita harus lihat nomor keturunan, bukan keturunan siapa atau mana! Melainkan dilihat dari nomor keturunan yang ke berapa kita dari hutagalung no. 1.

Jika saya (laki-laki) keturunan nomor 16, anda nomor 17, maka saya panggil anda (perempuan) adalah boru atau putri. Jika anda (laki-laki) maka saya (laki-laki) memanggil anda adalah anak atau putra. Sedangkan anda (perempuan/laki-laki) memanggil saya (laki-laki) adalah Bapa uda (amangtua).

Jika saya (perempuan) keturunan nomor 16, anda nomor 17, maka saya panggil anda (perempuan) adalah parumaen. Jika anda laki-laki maka saya (laki-laki) memanggil anda adalah paraman. Sedangkan anda (perempuan/laki-laki) memanggil saya (perempuan) adalah namboru dan suami saya anda panggil sebagai amangboru.

Bagaimana dengan nomor 16 dengan 15, 14, dan yg lainnya? tanya saja kepada admin atau kepada yang lebih tahu dari anda.

B. KAMPUNG ASLI HUTAGALUNG

Mungkin banyak kita berpendapat bahwa kita hutagalung berasal dari sibolga, atau Tapanuli Selatan, atau Lubuk Singkam, atau Adiankoting, Pahae. Benar memang bila kita sudah lahir di sana, tapi bukan itu asal kampung asli Hutagalung. Kampung Asli Hutagalung ada di Desa Si Raja Hutagalung, Kecamatan Siatas Barita (dulu termasuk kecamatan Tarutung) Kabupaten Tapanuli Utara. Kenapa? Karena Hutagalung yang pertama di situlah lahir dan merupakan tempat tinggal pertama.

Sekian dan Terima Kasih!

HORAS!

0 komentar:

Posting Komentar

Isilah komentar Saudara/i dengan baik dan benar, dilarang membuat komentar yang berbau SARA, Porno atau hal-hal yang melanggar Etika/Norma/Aturan yang berlaku.

Mauliate. HORAS!