Olivia Hutagalung Pemenang Juara Pertama pada ASEAN Television Melodies Festival 2012 Vietnam

Written By Hutagalung Cyber on Minggu, 26 Januari 2014 | 04.25

Olivia Hutagalung(sumber foto dari berbagai sumber)

Olivia Hutagalung adalah seorang penyanyi yang sekaligus bekerja di Sound and Music Entertainment yang telah berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan meraih juara pertama pada ASEAN Television Melodies Festival 2012 Vietnam.

Olivia lahir pada tanggal15 Nopmber 1990, yang marupakan alumni dari Universitas Tarumanegara (jurusan Akuntansi) dan SMA Negeri 70 Jakarta.


Mari kita simak berita tentang Olivia Hutagalung di bawah ini.

A. Olivia Hutagalung, Jawara yang Demam Panggung

TEMPO.CO, Jakarta - Jumat, 9 Maret lalu, merupakan hari spesial dan akan selalu dikenang oleh Olivia Hutagalung. Penyanyi 21 tahun ini berhasil menyabet gelar juara pertama dalam ASEAN Television Melodies Award di Ho Chi Minh, Vietnam, bersama Muhamad Ananta Kusuma Negara. Suara alto dengan power yang kuat saat ia menyanyikan lagu I'm Telling You dari Jennifer Hudson mampu membuat para juri terpesona. Olivia mengalahkan sepuluh kontestan lainnya di kategori pop. "Aku sendiri tidak menyangka," kata Olivia saat ditemui di kediamannya di Ciledug, Rabu lalu.

Rupanya kontes menyanyi yang diikuti sebelas penyanyi dari negara-negara Asia Tenggara itu merupakan kompetisi internasional pertama yang diikuti Olivia. Berangkat ke negeri dengan payung kelompok Geronimo, ia tak membekali diri dengan target muluk. "Yang penting pengalamannya. Menang atau kalah, itu nanti," katanya.

Dunia tarik suara bukan hal baru bagi dara keturunan Batak ini. Sejak duduk di bangku sekolah menengah pertama, ia kerap mendapat tawaran menyanyi di banyak acara. Dari satu acara ke acara itulah vokalnya terasah.

Saat kuliah pun, Olivia kerap tampil di berbagai pusat belanja dan kafe bersama kelompok The Chorus.

Pada 2004, untuk pertama kalinya Olivia mengantongi penghargaan. Pada usianya yang ke-13 tahun, ia merebut juara III dalam Singing English Contest. Penghargaan berikutnya ia peroleh pada tahun yang sama, yakni juara II kategori solo remaja dalam Festival Pemuji Rohani. Prestasi tersebut layak dicapai oleh penyanyi yang mampu bersuara rendah alto dan sanggup mencapai mezzo-soprano itu.

"Keluarga selalu kasih semangat dan dorong aku ikut kontes," kata bungsu dari tiga bersaudara ini.

Olivia memang sejak kecil tak jauh dari dunia seni suara. Ibunya kerap menyumbangkan suara meski hanya di lingkungan sekitar rumah dan pekerjaannya. Begitu pula neneknya, yang gemar olah vokal. Kakak lelakinya nomor dua, Mario, merupakan salah satu personel grup Pasto.

Namun, tentu saja, semua kehebatan di sekelilingnya tidak otomatis membuat Olivia hebat dalam bernyanyi. Setiap hari, dia berlatih menyanyi. Ia juga selalu mengusahakan berolahraga setiap hari untuk menjaga kondisi bugar tubuh dan suaranya dengan berlari atau senam. Asupan makanan dan minuman yang masuk pun selalu dijaganya.

Selain itu, Olivia harus berjuang menghilangkan grogi sebelum manggung. Dulu, saking groginya, ia selalu susah berdiri karena kakinya gemetaran. Tapi, seiring dengan bertambahnya pengalaman, kini masalah itu bisa dia atasi. "Demam panggung masih banget, tapi aku buat bercanda sambil menggumam saja," ucapnya.

Kini, lulusan jurusan akuntansi di sebuah universitas swasta tersebut memutuskan untuk berfokus menyanyi. Di tengah maraknya demam band Korea, Olivia berencana mengeluarkan single tahun ini. Jenis lagunya masih seputar pop, yang memang menjadi kesukaannya. Keinginan berikutnya adalah membuat album. "Dan kalau bisa, saya juga ingin go international," ucapnya.

Yang memicu cita-cita tersebut adalah kehebatan para penyanyi idolanya: Beyonce, Whitney Houston, Mariah Carey, serta penyanyi Indonesia, Ruth Sahanaya. "Mereka penyanyi yang memiliki kualitas vokal suara yang sangat bagus," kata penggemar musik R&B ini.

Meski sibuk dengan dunia nyanyi, Olivia masih sering melakukan hobinya: jalan-jalan dan wisata kuliner. "Biasanya, setelah menonton acara televisi tentang kuliner, saya pasti segera mengajak keluarga pergi berburu tempat makan itu." Kali ini, untuk urusan tersebut, ia tak pilih-pilih.

Biodata
Nama : Olivia Hutagalung
Lahir : Jakarta, 15 November 1990
Pendidikan :
- TK-SD-SMP Strada Bhakti Utama, Jakarta
- SMA Negeri 70 Jakarta
- Universitas Tarumanagara
Prestasi :
- Juara II kategori solo remaja, Festival Pemuji Rohani, November 2004.
- Juara III Singing English Contest, Maret 2004.
- Juara I ASEAN Television Melodies Festival di Vietnam, Maret 2012.



B. Olivia Hutagalung & Ananta Kusuma Juara ASEAN Television Melodies Festival 2012 di Ho Chi Minh, Vietnam

Dua penyanyi Indonesia, Olivia Hutagalung dan Muhamad Ananta Kusuma Negara, mengharumkan nama bangsa dengan berhasil menjadi juara di ajang ASEAN Television Melodies Festival 2012 yang diselenggarakan di Stasiun Ho Chi Minh City Television (HTV) pada 9 Maret 2012.

Olivia dinyatakan sebagai pemenang pertama kategori lagu pop dengan membawakan lagu I’m Telling You (Jennifer Hudson), sementara Ananta yang menyanyikan lagu Kereta Tanah Abang sebagai pemenang pertama lagu kategori folk, ciptaan Dr. Anton Issoedibyo, Geronimo.

Selama 2 kali penyelenggaraan terdahulu, tahun 2010 dan 2011, acapkali penyanyi Vietnam merebut berbagai penghargaan hiburan, sebelum akhirnya menerima penghargaan tertinggi.

Olivia dan Ananta, dua penyanyi kelompok Geronimo asuhan Dr. Anton Issoedibyo mengikuti acara ASEAN Television Melodies Festival 2012, yang dimulai pada 5 Maret 2012 untuk mempertandingkan lagu kategori folk. Pada 7 Maret 2012 acara dilanjutkan dengan mempertandingkan lagu pop.

Acara yang diselenggarakan oleh HTV tersebut, diikuti oleh kontestan dari Brunei, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Philipina, Thailand, Singapore dan Vietnam, dimaksudkan sebagai wahana untuk meningkatkan solidaritas dan persahabatan antara negara-negara anggota ASEAN melalui kegiatan kompetisi lagu dan pertukaran budaya.

Bertindak sebagai juri pada ASEAN Television Melodies Festival 2012 adalah Fathan Haji Anuar seorang produser musik , penyanyi dan pembawa acara dari Brunei; Rachmasari Nurdin dari Indonesia; penulis lagu Tran Long An, penyanyi Ta Minh Tam dan Anh Tuyet, ketiganya dari Vietnam.


Mari kita lihat videonya :

Daftar Tautan/Link Olivia Hutagalung :
- Facebook : https://www.facebook.com/olivia.hutagalung.7
- Twitter : https://twitter.com/olivehutagalung atau @olivehutagalung
- Youtube : http://www.youtube.com/user/oliviahutagalung

Refrensi :
- Tempo.co
- Rujukan Indonesiaproud.wordpress.com dari Kemlu.go.id (KJRI Ho Chi Minh City)
- berbagai sumber.


0 komentar:

Posting Komentar

Isilah komentar Saudara/i dengan baik dan benar, dilarang membuat komentar yang berbau SARA, Porno atau hal-hal yang melanggar Etika/Norma/Aturan yang berlaku.

Mauliate. HORAS!