Harimonting

Written By Hutagalung Cyber on Minggu, 07 Oktober 2012 | 23.46



HARIMONTING tidak hanya ada di daerah batak saja ditemui, ada juga di Sulawesi, di Jepang, Cina dan Korea.

Bahasa Indonesianya adalah KEMUNTING/KARIMUNTING, dan bahasa Ilmiahnya adalah Rhodomyrtus Tomentosa (W.Ait), Myrtaceae.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan : Plantae, (tidak termasuk) Eudikotil/Rosid
Ordo : Myrtales
Famili : Myrtaceae
Genus : Rhodomyrtus
Spesies : R. tomentosa
Nama binomial : Rhodomyrtus tomentosa

Kemunting (Rhodomyrtus tomentosa) adalah tumbuhan berbunga di dalam keluarga Myrtaceae, merupakan tumbuhan asli Asia selatan dan tenggara, dari India, China timur sampai selatan, Hong Kong, Taiwan dan Filipina, dan selatan hingga Malaysia dan Sulawesi. Tumbuhan ini tumbuh di pesisir, hutan rimba alamiah, mintakat riparian, lahan basah, hutan rimba lembab dan basah, pinggiran rawa, hingga tinggi 2400 m permukaan laut.

Nama-nama daerah di Indonesia untuk tumbuhan ini antara lain: Karamunting (Bahasa Banjar dan bahasa-bahasa di Kalimantan secara umumnya, termasuk Sabah dan Sarawak), Karamuntiang (Bahasa Minangkabau), Haramonting (Bahasa Batak), Harendong Sabrang (Bahasa Sunda).

Rasanya seperti Blueberry namun bukan blueberry, orang Batak sering menggunakannya sebagai bahan pewarna untuk ulos, di samping itu daunnya dapat digunakan sebagai obat diare.

[Wikipedia Bahasa Indonesia dan dari berbagai sumber]

Horas!
Twitter @HutagalungCyber

1 komentar:

Posting Komentar

Isilah komentar Saudara/i dengan baik dan benar, dilarang membuat komentar yang berbau SARA, Porno atau hal-hal yang melanggar Etika/Norma/Aturan yang berlaku.

Mauliate. HORAS!