Elieser S.M. Hutagalung, Wakajati NTT dan Pecinta Catur

Written By Hutagalung Cyber on Rabu, 05 Desember 2012 | 20.23

Diedit dari Pos-Kupang.com

Siapakah Elieser S.M. Hutagalung? Beliau lahir pada tanggal 9 April 1958 adalah Wakil Ketua Kejaksaan Tinggi Propinsi Nusa Tenggara Timur (menjabat 29 Mei 2013), yang ternyata adalah Pecinta olahraga Catur, dan pernah mensponsori Tokoh Pecatur Indonesia yang juga bermarga Hutagalung, yakni almarhum Baris Hutagalung, dan sudah pernah diposting di blog ini (lihat dan klik di Baris Hutagalung Pemain Catur Terbaik Indonesia).

Berikut mari kita simak kisah hubungan ESM Hutagalung dengan catur yang diwawancarai oleh Wartawan Pos Kupang.

ESM Hutagalung: Catur Istri Saya

Tak kenal maka tak sayang. Namun setelah mengenalnya, ternyata sosok yang satu ini sangat familiar dan tak asing di NTT. Pasalnya, ia meniti karier dan jalan hidupnya dari nol di Kota Kupang dari golongan I-B (PNS setara SMA). Namun saat ini ketika dia kembali ke Kupang telah menyandang bintang emas di bahunya dengan jabatan sebagai Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Nusa Tenggara Timur.

Itulah figur ESM Hutagalung, SH. Wakajati NTT, E Hutagalung diwawancarai Pos Kupang di Kantor Kajati NTT, Jalan El Tari Kupang, Kamis (8/11/2012) terkait dirinya selaku pihak yang mensponsori Kejuaraan Catur Baris Hutagalung Memorial Cup tahun 2012 berhadiah total Rp 47 juta.

Figur yang rendah hati dengan kepribadian bersahaya ini secara gamblang menceritakan seluruh titian perjalanan hidupnya yang dimulai dari nol di Kota Kupang sebagai staf tata usaha/TU di Kejari Kupang tahun 1980.

"Saya ke Kupang tahun 1979 diajakan Kajati NTT untuk bantu membangun gereja. Lalu saya honor di Kejari Kupang. Namun karena hidup saya  mendahulukan  Tuhan dalam segala hal maka hidup saya pun diberkati susai janjiNya," kata Hutagalung

Di Kota Kupang, pak Hutagalung pun mendapat jodoh putri asal Rote yang berdomisili di Kelurahan Batuplat, Kota Kupang. "Jadi mertua dan keluarga istri saya semuanya berada di Kupang. Saya ini juga sebenarnya orang Kupang karena saya membangun karir dari Kupang Kota KASIH," cerita suami Agustina Boru Panggabean-Ndolu.

Hutagalung mengaku dirinya seorang pecinta (pegila) catur sejati. "Istri pertama saya adalah catur, dan istri kedua berada di rumah. Karena catur sudah ikut membesarkan saya. Dan saya 20 tahun lebih mengikuti berbagai kejuaraan baru bisa meraih gelar master nasional," kata pria berusia 54 tahun yang punya gelar master nasional di olahraga catur ini.

Hutagalung pun menceritakan jika dirinya selama berkarier di lingkungan Kejari Kupang 23 tahun silam, dia telah lima kali mewakili/membawa nama NTT disejumlah even kejuaraan nasional catur diantaranya Kejurnas Catur/Pra PON di Palu tahun 1987, Kejurnas catur di Mataram, kejuaraan catur di Jakarta dan di Kota Salatiga dan semuanya ia selalu tampil sebagai juara.

"Karena itu, saat saat saya dipercayakan kembali mengabdi di NTT sebagai Wakajati, saya harus  memberikan sesuatu untuk NTT khususnya abor catur  karena saya sudah ikut merasakan pembiayaan dana dari KONI NTT 23 tahun silam. Sekarang saya kembali dan mensponsori pelaksanaan Kejuaraan Catur Baris Hutagalung Memorial Cup 2012 di Kupang. Almarhum Baris Hutagalung adalah juara catur pertama Indonesia tahun 1956. Almarhum adalah bapak kecil saya, dan saya pewaris dan pegila catur mengikuti jejak  almarhum Baris Hutagalung, MN. Dan kejuaraan catur ini sudah saya rencanakan sejak lama, namun baru kali ini bisa digelar saat  di Kota Kupang dan ketika saya dipercayakan pimpinan sebagai Wakajati NTT," kata pria yang  pernah menggelar even kejuaraan catur  pada HUT ke-50 adyaksa (kejaksaan) di Kejati Jatim  diikuti 17 Kejati se- Indonesia.

Hutagalung pun berbicara banyak tentang catur dan banyak cerita menarik meluncur  dari mulutnya. "Saya masih golongan satu hidup susah di Kota Kupang karena gaji Rp 15.700. Untuk mencari tambahan, catur salah satu andalan yang bisa menambah kocek guna menopang hidup keluarga," urai Hutagalung dengan mimik muka yang selalu tersenyum ceria. (ferry ndoen)

Sumber :

2 komentar:

Medan Chess mengatakan...

Permisi Mas/Mbak sekalian,

Permainan catur online saat ini sangat digandrungi pecinta komputer catur, apalagi engine vs engine match.
Medan Chess (www.medanchess.com) menjual Ebook Catur dengan koleksi 1700 buku catur, yang mengajarkan cara bermain catur, strategi catur, trik bermain catur, chess engine terbaik termasuk Houdini, koleksi Opening Book, DVD Training Catur, Video Belajar Catur dari Grandmaster terkemuka.
Mari belajar catur tanpa guru, dengan berlatih catur menggunakan Software catur & Database catur terlengkap saat ini.

Medan Chess merupakan Pelopor Toko Catur Online terbesar & terlengkap di Indonesia. Seluruh produk catur kami adalah produk luar negeri (import).
Mohon di-LIKE yah => www.facebook.com/MedanChess

Mari majukan olahraga asah otak ini di daerah & seluruh pelosok Indonesia.

GENS UNA SUMUS
Medan Chess
www.medanchess.com
www.twitter.com/MedanChess
www.facebook.com/MedanChess

Octavian Ricardo mengatakan...

horasss

Posting Komentar

Isilah komentar Saudara/i dengan baik dan benar, dilarang membuat komentar yang berbau SARA, Porno atau hal-hal yang melanggar Etika/Norma/Aturan yang berlaku.

Mauliate. HORAS!